Tujuan Instruksional
Setelah mengikuti praktikum ini, mahasiswa diharapkan dapat untuk :
1. Memahami konsep Grafika Komputer
2. Mengoperasikan perangkat Processing 1.0 untuk pemrograman Grafika Komputer.
Apakah Grafika Komputer Itu?
Grafika Komputer (Computer Graphic) adalah seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk memproduksi suatu gambar, grafik atau citra realistic untuk seni, game computer, foto dan film animasi. Grafika Komputer merupakan bagian yang paling paling sulit di bidang computer, karena selain harus mengerti bahasa dan logika pemrograman juga dibutuhkan kemampuan analisis serta pemahaman matematik. Banyak cara dan variasi untuk menghasilkan gambar dengan computer. Seringkali kita akan dihadapkan pada masalah algoritma dan pemrograman untuk menghasilkan citra yang realistic. Hal ini adalah sesuatu yang lumrah, sehingga diperlukan pendekatan sesederhana mungkin dan pemahaman algoritma untuk mendapatkan citra realistic.
Processing untuk percobaan Grafika Komputer.
Processing merupakan perangkat lunak open source yang menyediakan bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman bagi orang-orang yang ingin membuat program pengolahan citra, animasi dan suara. Processing digunakan dalam berbagai tahap seperti: belajar, membuat prototype sampai pasda tahap produksi. Processing dibuat dengan tujuan untuk memberikan fasilitas belajar pemrograman computer dalam konteks visual. Processing dapat diunduh di processing.org. Ada dua versi processing yang tersedia, yaitu versi tanpa java dan versi dengan java. Dengan sedikit keberuntungan, model Lingkungan kerja Processing adalah seperti ditunjukkan pada gambar 1.1.
Gambar 1.1, Lingkungan kerja Processing 1.0
Processing menggunakan istilah Sketch untuk proyek yang ditulis menggunakan processing. Setiap sketch disimpan dalam direktori terpisah dan program utama disimpan di file nama yang sama dengan nama direktori. Sebagai contoh, sketch dengan nama ‘veronica’ akan disimpan di derektori ‘veronica’ dengan file program ‘veronica,pde’.
Anda sekarang menjalankan Pengolahan Development Environment (atau PDE). Tak banyak untuk itu, wilayah yang besar Editor Teks, dan ada deretan tombol di bagian atas, hal ini toolbar. Editor Berikut adalah Pesan Area, dan di bawah yaitu Console. Pesan Area digunakan untuk satu pesan baris, dan Konsol digunakan untuk rincian lebih teknis.
Gambar 1.2. Toolbar pada Processing
Pada gambar 1.2 ditunjukkan tombol untuk melakukan Running, Stop, New Window, Open, Save dan Export.
Program Pertama Anda.
Mempersiapkan layar Layar yang dimaksud adalah area untuk menampilkan objek. Perintah yang digunakan adalah : size(width,height). Sebagai contoh size(200,200), hal ini berarti ukuran layar adalah 200 x 200.
Pewarnaan Latar Warna yang digunakan dalam processing adalah penggabungan dari elemen Red, Green dan Blue (RGB) atau warna Grayscalle (abu-abu). Untuk memberikan warna latar (background) digunakan perintah background(x) atau background(r,g,b). kisaran nilai warna yang digunakan adalah antara 0 sampai dengan 255. sebagai contoh background(128), hal ini berarti warna latar adalah grayscale dengan nilai 128. Jika ditulis background(255,0,0) akan mengakibatkan.
warna latar menjadi merah, karena nilai merah disi nilai 255 dan hijau serta biru adalah 0.
Nah sekarang coba anda menuliskan program seperti berikut dan analisa hasilnya.
Program 1.1
// Sets the screen to be 200, 200, so the width of the window is 200 pixels // and the height of the window is 200 pixels size(200, 200); background(0);
Program 1.2
// Sets the screen to be 200, 200, so the width of the window is 200 pixels // and the height of the window is 200 pixels size(200, 200); background(128);
Program 1.3
// Sets the screen to be 200, 200, so the width of the window is 200 pixels // and the height of the window is 200 pixels size(200, 200); background(255);
Program 1.4
// Sets the screen to be 200, 200, so the width of the window is 200 pixels // and the height of the window is 200 pixels size(200, 200); background(255,128,0);
Catatan : supaya lebih aman, silahkan anda simpan program-program diatas pada folder anda sendiri.
Catatan : supaya lebih aman, silahkan anda simpan program-program diatas pada folder anda sendiri.
0 Response to " Tujuan Instruksional Memahami Konsep Grafika Komputer"
Posting Komentar